Jakarta, 22 May 2024

Laporan Kinerja Sekretariat Direktorat Jenderal PDASRH 2023

 
  ditjen_pdashl         04 Mar 2024         471
 

Laporan kinerja Sekretariat Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (Setditjen PDASRH) tahun 2023 disusun sebagai bentuk akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi atas penggunaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan. Dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Ditjen PDASRH, dengan indikator terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Ditjen PDASRH dalam kerangka reformasi birokrasi untuk menjamin kinerja yang optimal.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 15 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian LHK, Sekretariat Direktorat Jenderal Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan (Ditjen PDASRH) adalah unit organisasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri LHK dan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Ditjen PDASRH.

Kegiatan Sekretariat Ditjen PDASRH dilaksanakan melalui kegiatan “dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Ditjen PDASRH”, dengan sasaran kegiatan ”terwujudnya reformasi tata kelola kepemerintahan yang baik di lingkungan Ditjen PDASRH” serta dengan indikator kinerja “tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Ditjen PDASRH dalam kerangka reformasi birokrasi untuk menjamin kinerja yang optimal dengan nilai minimal SAKIP 73,36 poin, level maturitas SPIP dengan nilai minimal level 4,2 dan Laporan Keuangan Ditjen PDASRH yang tertib dan akuntabel di tahun 2023”.

Sekretariat Direktorat Jenderal PDASRH sebagai unit kerja eselon II memiliki tugas untuk melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal PDASRH. Melalui kegiatan yang bersifat generik, berupa dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Direktorat Jenderal PDASRH, dapat diketahui tingkat capaian kinerja fisik tahun 2023 sebesar 99,68% dan kinerja keuangan sebesar 97,53%. Pelaksanaan kegiatan Sekretariat Direktorat Jenderal PDASHL tahun 2023 dapat dikatakan berjalan efisien, hal ini dilihat dari nilai ratio kinerja fisik dengan kinerja keuangan sebesar 1,02 (lebih besar dari 1). Nilai SAKIP Direktorat Jenderal PDASRH tahun 2023 masuk
kategori Sangat Baik.

Direktur Jenderal PDASRH dan Sekretaris Direktorat Jenderal PDASRH tahun 2023 serta sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Setditjen PDASRH tahun 2020-2024.
Secara umum capaian kinerja utama Seditjen PDASRH tahun 2023 adalah sebesar 99,68 % dengan capaian pelaksanaan anggaran sebesar 97,53%. 

LKJ Sekdit 2023