Jakarta, 22 May 2024

Laporan Kinerja Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan tahun 2023

 
  ditjen_pdashl         04 Mar 2024         139
 

Laporan kinerja Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) tahun 2023 disusun sebagai bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Ditjen PDASRH atas penggunaan anggaran untuk pelaksanaan program yang diemban.

Secara total kinerja fisik Ditjen PDASRH pada tahun 2023 tercapai sebesar 98,82%. Untuk capaian kinerja masing-masing IKP, yaitu luas tutupan hutan dan lahan hasil rehabilitasi tercapai 102,42%, jumlah danau prioritas nasional yang dikendalikan kerusakannya tercapai 100% serta nilai SAKIP Ditjen PDASRH tercapai 94,05%. Sedangkan untuk kinerja keuangan terealisasi sebesar 97,56%. Berdasarkan pengukuran efisiensi (ratio kinerja fisik dengan kinerja keuangan), kinerja Ditjen PDASRH termasuk ke dalam kategori efisien (>1). Penggunaan anggaran efektif untuk memenuhi sasaran yang ditargetkan.

Keberhasilan tahun ini tentu saja tidak hanya ditentukan oleh kinerja Ditjen PDASRH sendiri bersama Unit Pelaksana Teknis di daerah, tetapi juga dipengaruhi oleh kebijakan di sektor lain bahkan pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan masyarakat yang ikut berperan dalam pencapaian kinerja Ditjen PDASRH. Ke depan Ditjen PDASRH akan berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan manajemen, dan meningkatkan akuntabilitas kinerja guna meningkatkan pelayanan dan kepercayaan publik.

LKJ Ditjen PDASRH 2023